Sabtu, 11 Juli 2015

soal UAP Study Masyarakat Indonesia

Mata Kuliah    : Study Masyarakat Indonesia
SKS                   : 2 SKS
Hari / Tanggal : Ahad,    Agustus 2015
Dosen              : Ibrohim Aji, S. Pd. I

  1.  Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial tentu mempunyai karakteristik yang mendorong terjadinya perubahan dalam kehidupannya. Tuliskan perbandingan tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial !
  2.  Sebutkan aktivitas manusia jaman dahulu dan aktivitas perubahan yang terjadi saat ini !
  3.  Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya. Jadi, manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena ?
  4.  Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara yang satu dengan yang lainnya, hubungan saling mempengaruhi dan kesadaran saling tolong menolong. Sebutkan factor internal dan factor eksternal terjadinya hubungan sosial!
  5.  Apakah yang dinamakan masyarakat majemuk dan masyarakat dominan ?
  6.  Alasan utama timbulnya proses urbanisasi adalah ?
  7.  Stratifikasi sosial adalah perbedaan individu atau kelompok dalam masyarakat yang menempatkan seseorang pada kelas-kelas sosial yang berbeda-beda secara hierarki dan memberikan hak serta kewajiban yang berbeda-beda pula antara individu pada suatu lapisan sosial lainnya. Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial!
  8.  Sebutkan dan jelaskan tiga pola hubungan saling ketergantungan antara masyarakat pedesaaan dengan masyarakat perkotaan !
  9.  Sebutkan lima penyebab tejadinya konflik di masyarakat ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar