Rabu, 30 Maret 2011

mata kuliah Agama 2 (fiqh, ibadah dan syariah) paket April - Juni 2011


PDF Print
Tujuan :
Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengerti tentang ketentuan-ketentuan yang ada di dalam syariah serta menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari, yang pada akhirnya tercermin kepribadian muslim yang islami sehingga tercipta masyarakat yang harmonis dalam beragama, berbangsa dan bernegara.
Deskripsi :
Membahas tentang apa dan bagaimana sebenarnya syariat islam, menyoroti karakteristik syariat, rambu-rambunya serta keistimewaan dan perbedaannya dengan yang lain. Baik syariat samawi maupun wadh’I, faktor-faktor keluwesan dan fleksibelitasnya yang menjadikan
syariat Islam kekal dan relevan sepanjang zaman serta di setiap tempat dan ruang yang telah dibuktikan, logika, wahyu, tarikh serta realitas pandangan obyektif dari berbagai penjuru dunia dan orientasi.
Memahami budaya bangsa Arab dari segi sosial politik dan ekonomi, mengetahui dan memahami perjuangan da’wah nabi Muhammad SAW di kota Mekkah dan Madinah, pembentukan masyarakat islam kota madinah, perjuangan sahabat Khulafaur Rasyidin, Bani Umayah, Abasyiah sampai pada masa Turki.
       Sumber :
1.            Yusuf Qardhawi, Bagaimana memahami syariat Islam,Jakarta: Islamuna, 1996.
2.            Hasbi Ash Shiddieqy, Pengantar Hukum Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1997.
3.            Ahmad Salaby, Sejarah Kebudayaan Islam
4.            ____________,Shiratun Nabawiyah
5.            Ahmad Tafsir, Sejarah Kebudayaan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar