Senin, 08 Desember 2014

Hal biasa dan luar biasa dari teman



Berteman dengan orang-orang baik merupakan pilihan, siapa yang ingin menjadi baik hendaklah ia berteman dengan orang-orang baik, karena orang yang baik akan menularkan contoh kebaikan kepada temannya begitupula dengan teman yang memiliki sifat buruk, perlahan-lahan ada sifat yang tanpa sadar ‘menular’ kepada temannya.
Rasulullah bersabda yang artinya : “Agama seseorang dapat bergantung dengan temannya, hendaklah kalian memperhatikan siapa yang kalian jadikan teman” ( Hr. Abu Daud dan Tirmidzi)

Secara tidak sengaja,  perilaku baik atau buruk seseorang begitu cepat menjangkiti orang lain, apalagi jika interaksi itu terjadi secara rutin dan kontinu, maka efeknya tentu akan lebih dahsyat lagi. Alangkah indahnya jika kita ‘terjangkiti’ perilaku baik dari teman-teman yang baik, sehingga kebaikan akan tersebar dan melahirkan kebaikan lainnya.

Orang yang terbaik adalah orang yang jika kita melihat dan berinteraksi dengan mereka mengingatkan kita kepada Allah, dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang jika kita melihat dan berinteraksi dengan mereka menjauhkan kita kepada Allah dan mendorong  untuk berbuat maksiat. 

Rasulullah bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan manusia terbaik diantara kalian?, sahabat menjawab,” Tentu Ya Rasulullah, Rasul bersabda,”Sebaik-baik orang adalah yang jika kalian melihatnya mengingatkan kepada Allah.” ( HR. Ibnu Majah )

Umar bin Khattab berkata,” Hendaklah kalian bersama teman-teman yang baik, karena mereka ibarat hiasan kegembiraan dan bekal dalam ujian.”

Keutamaan lain yang dimiliki oleh teman-teman yang baik adalah doa. Doa teman yang baik dari jauh akan dikabulkan Allah, Rasulullah bersabda,” Doa seorang mukmin untuk saudara yang  tidak berada disisinya akan dikabulkan Allah, dibawa oleh Malaikat yang bertugas, setiap saudaranya berdoa kebaikan malaikat berkata,” Amiin “ ( semoga Allah mengabulkan )  Dan bagimu seperti doamu ( HR. Muslim  ).

Special 'without you'  Agung Setiono


Tidak ada komentar:

Posting Komentar